10 Hal menjadi Indikator Suksesnya Puasa Anda

   Materi ini saya dapat saat sholat Tarawih di Masjid Ar Rahmah SDIT Utsman bin Affan yang sudah melaksanakan sholat Terawih bersama sejak awal puasa ini. Materi disampaikan oleh Dr.M.Baihaqi, MA seorang dosen IAIN Sunan Ampel Surabaya. Kesimpulannya saja yang akan saya share kepada pembaca blog tercinta ini he..he…

  10 hal itu  menjadi indikator apakah puasa seorang muslim telah “berhasil” apa belum. Meski puasa adalah ibadah yang Allah SWT sendiri yang memberikan balasan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa ibadah dalam Islam selalu memiliki dampak terhadap sosial, dan inilah yang bisa dilihat, dirasakan, dan diukur oleh manusia.

  10 hal yang bisa menunjukkan kesuksesan seorang muslim berpuasa Ramadhan adalah :

  1. BERGEMBIRA DENGAN DATANGNYA RAMADHAN. Saya pernah teringat sebuah riwayat yang kurang lebih bermakna (mohon koreksi jika salah🙂 ) bahwa seorang muslim yang benar akan menyambut baik datangnya bulan Ramadhan bahkan merindukan kedatangannya. Maka kesipulannya adalah perlu kita bergembira dengan datangnya bulan suci ini, jika tidak bisa berusahalah untuk bergembira meskipun dengan alasan yang mungkin sepele seperti bisa berbuka bersama, bisa sholat bersama, bisa belanja bersama, dll.
  2. BANYAK MELAKUKAN IBADAH SHOLAT SUNNAH. Seperti sholat Dhuha, sholat sunnah Rawatib, dll yang memang disunnahkan  atau dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW bukan dibuat-buat.
  3. TIDAK MENINGGALKAH QIYAMUL RAMADHAN. Atau yang biasa dikenal dengan sholat Tarawih sepanjang Ramadhan tidak boleh bolong-bolong.
  4. BANYAK MELAKUKAN INFAQ SHODAQOH. Ini tidak saja berupa uang atau materi namun termasuk juga tenaga dan pikiran. Bahkan terseyum kepada saudara semuslim juga termasuk shodaqoh kata Rasulullah SAW lho…
  5. MEMBERIKAN BUKA PUASA KEPADA ORANG YANG BERPUASA. Zaman sekarang tidaklah sulit melakukan yang satu ini, cukup lewat transfer rekening atau SMS ke penyedia pelayanan sosial terutama kepada orang yang memang membutuhkan.
  6. MENJAUHI MAKSIAT. Ini mutlak dilakukan bahkan tidak saja di bulan puasa namun juga di hari-hari biasa. Menurut Umar bin Khattab perbuatan maksiat adalah perbuatan yang jika kamu telah melakukan tidak ingin diketahui oleh orang lain.
  7. MENJAUHI PERBUATAN YANG MUBAH NAMUN SIA-SIA. Mungkin ini sedikit sulit melakukannya contoh saja ya… menjauhi menonton TV, jalan-jalan, baca koran, dll. Memang perbuatannya mungkin tidak termasuk dosa namun bisa melalaikan kita untuk melakukan hal yang wajib dan sunnah.
  8. MAMPU MENGKHATAMKAN AL QUR’AN. Sebagaimana para sahabat Nabi yang di bulan ini mereka berlomba-lomba banyak-banyakan khatam Al Qur’an bahkan Utsman bin Affan selama bulan Ramadhan mampu mengkhatamkan 30 kali. Bagaimana dengan anda dan saya ?
  9. BANYAK BERSILATURRAHMI. Sebagai bagian dari sunnah dan mempererat persaudaraan sangat penting, khususnya kepada orang yang membutuhkan.
  10. MELAKUKAN I’TIKAF DI 10 HARI TERAKHIR. Mungkin yang terakhir ini sangat berat apalagi bagi kita yang memiliki kesibukan kerja. Jam kerja kita saja baru 5 hari terakhir yang libur. Bahkan jika libur kita banyak disibukkan dengan yang aktifitas lainnya misalnya saja persiapan lebaran atau lainnya. Oleh karena itu lakukannlah Itikaf sebenarnya sebisa mungkin di masjid khususnya hari-hari ganjil di 10 hari terakhir, terutama saya sarankan kepada yang masih muda dan belum berkeluarga sebab waktu itu masih memungkinkan untuk i’tikaf 10 hari penuh. Jika masa belum berkeluarga ini lewat, mungkin bisa-bisa seumur hidup tidak bisa penuh, tapi jika kita punya niat dan semagat pasti mampu. Ini pengalaman pribadi.

  Demikian rangkuman materi terawih yang saya dengar dan sedikit saya komentari namun tidak keluar dari isi. Setelah saya pikir-pikir mungkin benar yang bisa mencapai 10 hal diatas adalah orang-orang yang terasa atau tampak berhasil dalam puasanya.

  Semoga kita bersama bisa mencapainya, dan jika yang belum ada perencanaan mulai saat ini RENCANAKAN ULANG TARGET PUASA ANDA…. mari kita berdoa bersama-sama agar mampu mencapainya secara bersama.

 


  1. Barakallah,,, trma kasih informasinya

  2. Sofia Putri

    Syukron untuk ilmunya

  3. jazakallah akh,,, semoga menjadi manfaat




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: