PERAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN

  Perubahan perilaku pada dasarnya dipengaruhi oleh pendidikan yang ia terima sepanjang hayatnya, pendidikan ini bukan saja sebatas yang formal seperti sekolah atau kursus-kursus namun dalam arti luas artinya segala sesuatu yang diterima manusia melalui panca indera itu menjadi bagain dari pendidikan. Melihat, mendengar, merasa, dan meraba merupakan komponen penting dalam pendidikan, dan itu sangat-sangat mudah ia dapatkan dari lingkungan, baik lingkungan pendidikan formal atau non formal.

  Semenjak terlahirnya teori behaviouristik oleh Pavlov, maka sejak itu pula pemahaman bahwa perilaku manusia dipengaruhi juga oleh lingkungan menjadi dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. Jadi wajar apabila Soekarno pernah berkata lantang “Berikan aku sepuluh pemuda maka akan aku mengubah dunia!” ungkapan itu tampak PD memang, namun beralasan.

 Secara psikologi, memang lingkungan juga berperan penting dalam perilaku manusia khususnya sekolah, sebab dari sinilah perlakukan-perlauan yang terus menerus dan terstruktur masif diberikan kepada anak, sehingga anak diharapkan dapat merubah perilakunya sesuai yang diharapkan. Sekolah yang telah memberikan lingkungan yang menunjang bagi kesuksesan pendidikan maka sekolah itu secara langsung dan tidak langsung memberikan sentuhan perlakuan kepada anak. Lingkungan itu meliputi 1) fisik seperti bangunan, alat, sarana, dan gurunya kemudian 2) non fisik yaitu kurikulum, norma, dan pembiasaan nilai-nilai kehidupan yang terlaksana di sekolah itu.

  Namun ingat, lingkungan memang berperan tetapi faktor genital juga memberikan pengaruh, setidaknya pada bakat.  Tentang baka, banyak orang yang sukses terkadang disebabkan oleh faktor bakat  meski 1% dan yang lain itu adalah kerja keras begitu Saichiro Honda mengatakan, namun jelas bakat sangat berperan juga.


  1. bastind

    saya salut pada pendapat anda. SUCCESFUL

  2. cecil pinheiro

    komentar anda sangatlah bermanfaat bagi saya, bolehkan saya meminta anda untuk mengkonsep suatu lingkungan sekolah yang baik bagi saya, atas sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

  3. arsyak

    tentang PERANAN LINGKUNGAN SEKOLAH diperluas, dperjelas, serta ada definisi dari beberapa pakar agar lebih sempurna…
    maaf saya kopi paste buat bahan tambahan..

  4. rudi utomo

    pemikiran yang bagus mas,,, lanjutkan ,,, selalu bermanfaat bagi lingkungan,, saya izin meng copy untuk bahn tambahan,,.

  5. saya sependapat dengan anda,namun hanya sebagian para pendidik belum begitu paham apa itu pendidikan lingkungan. Pendidikan yang berlandaskan lingkungan adalah suatu proses pendidikan yang menciptakan masyarakat sekolah yang sehat,Indah, aman dan tentram secara berkesinambungan. Sekolah tak sekedar bersih, sehat dan indah tapi masyarakat sekolah yang sopan, terdidik dan ber etika. Saya sedih banyaknya tawuran sekolah, saya sedih banyak siswa pakai perhiasan wanita, Saya lebih sedih terhadap guru tak bisa memberi keteladanan bagi masyarakat. Kini guru hanya mengajar bukan mendidik. Saya sangat sedih tokoh pendidikan membiarkan acara TV, akses Internet yg sebagian besar adegan porno,kekerasan, hiburan tak mendidik. Anak kita lebih menyukai artis dari pada presidem,mentri, gubernur, bupati, tokoh agama, guru bahkan orangtua.




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: