SIMBOL PERSONAL (2)

13 Desember 2015 at http://www.facebook.com/qodrat.ar

Memang ada sosok yang menjadikan diri 2 atau lebih brand personal. Misal Louis Vutton sebagai produk dan sosok individu.
Atau juga sosok Ibn Rusyd seorang filosof, sosiolog, mujtahid, fuqoha, karena karya beliau yang melegenda di bidang-bidang itu.

Tapi ini di Indonesia dan di era saat ini. Kultur kita “mengharamkan” beberapa brand bergabung. Namun ada yang “memubahkan”. Ini dampak agenda setting sekulerisme & kapitalisme.
Branding sosok ulama & politikus meski pernah dicoba namun masih gagal. Ada juga yang berhasil seperti sosok artis & politik, Dede Yusuf, Dedi Mizwar, dll pengamat mengatakan ketenaran artisnya digunakan untuk modal politik. Maka supaya eksis dan menjadi branding spesifik sebagai politikus mereka rela meninggalkan keartisannya, meski bisa saja kembali jika sudah pensiun.

Beberapa branding personal yang seakan tidak boleh menyatu dengannya adalah POLITIK. Apalagi jika itu diketahui oleh “saingan” anda, bersiaplah dibully yang sedikit banyak akan mempengaruhi brand possisioning anda. Tidak ada yang salah dengan politik, namun image politik yang kotor, akan ikut “mengkotori” brand anda.

Profesi GURU yang berimage baik bisa terdegradasi dengan image politik, maka kegiatan politik dilarang disekolah. Akan lebih runyam lagi jika SEKOLAH berimage politik. Bagi “saingan” atau “lawan” itu seperti bensin siap tersulut api, tinggal menunggu pematiknya saja. Lenyaplah brand personal guru atau sekolah itu, sekolah & guru bisa dianggap tidak netral sehingga kepercayaan hilang dan akhirnya ditinggal walimurid.

Memang tidak semua bidang seperti pendidikan. Sektor BISNIS relatif aman, karena banyak pengusaha yang juga politikus malah jadi simbiosis mutualisme.

Nah, apakah anda sepakat?




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: