SIMBOL PERSONAL (1)

13 Desember 2015 at http://www.facebook.com/qodrat.ar

Era saat ini adalah era image atau simbolik. Padahal image adalah persepsi, namun  gempuran image ini mampu merubah menjadi tindakan bahkan perilaku.Tengoklah bagaimana produk dipasarkan lewat iklan, partai lewat kampanye, dst. Sampai-sampai ada sekolah/pendidikan khusus untuk image simbolik ini. Perputaran uang sangat dahsyat membuat yang berkepetingan saling berebut dan rela bergesekan.

Menurut kajian Aaker, Simbol adalah bagian dari brand, brand merupakan aset & strategi organisasi, dan brand yang berhasil adalah yang konsisten dalam spesifikasi atau kekhasan, misal Apple, McDonald, Dannis, Keke, dll pada level personal ada Obama, C. Ronaldo, Arief Rahman, SBY, Jokowi, dll.

Keberhasilan mereka menjadi simbol karena konsisten pada produk & layanan. Jika politikus maka konsisten, demikian juga olahragawan dan pendidik. Konsistensi dalam strategi & aksi maka melahirkan sosok BRAND PERSONAL, itu butuh waktu & “out put” yang baik. Ronaldo konsisten dengan perform sepakbolanya out putnya berupa gol & prestasi.

Brand yang sudah besar dan eksispun bisa merosot bahkan hancur berkeping-keping karena INKONSISTEN dalam produk/out put & layanan. Sosok politikus Presiden Jokowi beralih menjadi Kepala Sekolah SD di Kecamatan, ini inkonsisten. Mungkin bisa dilakukan oleh orang yang menyatakan diri pensiun dari politik lalu beralih ke pendidikan. Maka terjadi berubahan branding personal, tinggal melanjutkan keberhasilan branding awal tapi perlu dibuktikan hasil kerja di branding barunya.

Simbol yang sudah dibangun bertahun-tahun bisa merosot karena image buruk sesaat. Bisa saja bangkit kembali dengan kebali ke rel konsistensi awal.

…..




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: