LOVERS DAN HATERS

18 Desember 2015 at http://www.facebook.com/qodrat.ar

Awalnya istilah ini digunakan dalam marketing dan branding suatu produk, dan masih relevan untuk bidang lain. Misalnya kedua terminologi itu sering disebut pasca pemilu atau pilkada.

Keduanya itu hakekatnya beda tapi sama saja. Ada 3 prinsip persamaan keduanya, yaitu IRASIONAL, OVER, dan SPECIAL.

Irasional, keduanya benci atau cinta itu setulus hati bahkan mengarah kepada tidak masuk akal, mungkin kita akan mengenal kultus atau taqlid. Jadi apapun keadaanya dari produk ini akan dibela mati-matian jika suka, sebaliknya jika benci maka akan dicaci habis-habisan. Padahal produk itu pasti ada kekurangan dan ada kelebihan, sama juga manusia. Lawannya adalah rasional. Jadi be RASIONAL as human.

Over, reaksi lovers dan heters itu berlebih-lebihan bahkan malah mencari-cari kelebihan atau kekurangan dengan bumbu-bumbu bombastis. Meski sudah secara sadar produk itu ada cacatnya, lovers akan berusaha mati-matian mencari alasan pujaannya tetap layak dipuja. Dan juga sebaliknya jika membenci, akan berusaha maksimal mencari kesalahan agar layak dibenci. Lawannya adalah realistis. So be a REALISTIK.

Special, dalam hal ini lebih kepada penerimaan hati. Lovers akan menjadikan produk itu spesial menarik dihatinya, sebaliknya haters menjadikan produk itu spesial cacat dihatinya.
Lovers akan berusaha mempengaruhi orang lain agar tertarik kepada produk itu, atau minimal orang lain diam tidak bisa membantah. Sebaliknya heters berusaha mempengaruhi agar produk itu cacat. Lawannya adalah normal. So be a NORMAL one.

Semua kembali kepada individu, bersikaplah yang rasional, terukur dan normal dalam membenci atau menyukai. Be RASIONAL, REALISTIK, and NORMAL.
Kita benci pada perbuatan jahatnya, kita benci pada produk hasilnya yg cacat/gagal, namun kita tidak boleh benci kepada orangnya karena manusia itu sempurna namun bisa lupa dan salah.

So Anda termasuk yang mana?




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: