ERA UJI POLITIK KAUM MUDA

204 Pilkada serentak 9 Desember 2015 kali ini menarik untuk dikaji. 197 Kabupaten/Kota dan 7 Provinsi. Banyak sudah terprediksi, namun ada beberapa diluar prediksi. Incumbent menang adalah biasa, justru kalah artinya ada yang salah selama memimpin. Itulah “pengadilan” demokrasi, saat dipersepsi baik dalam memimpin maka akan mendapat reward terpilih lagi, sebaliknya saat kepemimpinan dipersepsi buruk maka punishment.

Keberanian kaum muda untuk maju dalam pasangan calon pilkada patut diapresiasi, terlebih banyak kemenangan diraih oleh pasangan calon yang masih muda ini. Disebut muda karena usia maksimal 50th. Hal ini menarik, sebab mungkin bisa menunjukkan kematangan politik kaum muda, atau juga menegaskan bahwa saat ini Indonesia mulai memasuki era bonus demografi bahkan hingga 30 tahun kedepan, artinya ini adalah era kaum muda maka kamilah yang memimpin.

Ini adalah kabar baik, perjalanan 17 tahun reformasi masih stagnan, menurut para ahli belum berhasilnya reformasi birokrasi menjadi penyebab signifikan, kenapa belum berhasil? Karena meski sudah reformasi tapi masih saja orang lama dengan paradigma lama. Man bihind the gun. Bahkan sampai pernah ada ide cutting generation.
Saat ini, kaum muda indentik dengan semagat, progresif, dan bersih dari masa lalu.

Falsafah kita adalah menghormati yang tua dan mengasihi yang muda. Tantangannya adalah bagaimana mensinergikan kaum muda ini dengan kaum tua. Optimis, sebab sejarah membuktikan dari kaum mudalah yang mengawali kemerdekaan bangsa ini.

Akankah pemimpin muda era kelas menengah ini berhasil dalam uji?




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: