MENURUT BLOOM

NO RANAH & ASPEK INDIKATOR CARA PENGUNGKAPAN
A. Kognitif

1. Ingatan

    2. Pemahaman

    3. Aplikasi

    4. Analisis

    5. Sintesis

    6. Evaluasi

    Menunjukkan,membandingkan,

    Menghubungkan, menyebutkan, menunjukkan

    Menjelaskan, mendefinisikan dengan kata-kata sendiri

    Memberikan contoh, menggunakan dengan tepat, memecahkan masalah

    Menguraikan, mengklasifikasikan

    Menghubungkan, menyimpulkan, menggeneralisasikan

    Menginterpretasikan, memberikan kritik, memberikan pertimbangan/penilaian

    Tugas/tes/observasi/

    pertanyaan

    Pertanyaan/tes/tugas

    Tugas/tes/observasi

    Tugas/tes

    Tugas/tes

    Tugas/tes

    B. Afektif

    1. Penerimaan

    2. Sambutan

    3. Penghargaan

    4. Internalisasi

    5. Karakterisasi

    Bersikap menerima, menyetujui, atau sebaliknya

    Bersedia terlibat, partisipasi, memanfaatkan atau sebaliknya

    Memandang penting/bernilai/ berfaedah/harmionis/kagum atau sebaliknya

    Mengakui, mempercayai, meyakini atau sebaliknya

    Melembagakan, membiasakan, menjelmakan dalam pribadi dan perilaku.

    Pertanyaan/tes/skala sikap

    Tugas/observasi/ tes

    Skala penilaian/tugas/ observasi

    Skala sikap/tugas/

    ekspresif/proyektif

    Observasi

    C. Psikomotor

    1. Keterampilan bergerak
    2. Keterampilan ekspresi verbal dan nonverbal

    Koordinasi mata-tangan – dan kaki

    Gerak, mimik, ucapan

    Tugas/observasi/tes tindakan

    Tugas/observasi/tes tindakan

    TAXONOMI PERILAKU (Bloom)

    NO RANAH ASPEK
    1. KOGNITIF
    1. Ingatan
    2. Pemahaman
    3. Aplikasi
    4. Analisis
    5. Sintesis
    6. Evaluasi
    2. AFEKTIF
    1. Penerimaan
    2. Sambutan
    3. Penghargaan
    4. Internalisasi
    5. Karakterisasi
    3. PSIKOMOTOR
    1. Keterampilan bergerak
    2. Keterampilan ekspresi verbal dan non verbal

    Kecakapan hidup (life skill)

    • General life skill

    Self awareness

    • Penghayatan diri
    • Menyadari kelebihan dan kekurangan
    Thinking skill

    • Menggali informasi
    • Mengolah informasi
    • Memecahkan masalah
    Social skill

    • kecakapan komunikasi
    • kecakapan bekerjasama
      • Specific life skill
    Academic skill

    • Identifikasi variabel
    • Merumuskan hipotesis
    • Melaksanakan penelitian
    Vocational skill
    • keterampilan kejuruan

    4 pilar pendidikan (Unicef)

    • Belajar mengetahui
    • Belajar berbuat
    • Belajar hidup bersama, belajar hidup dg. orang lain
    • Belajar menjadi seseorang




      Tinggalkan Balasan

      Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

      Logo WordPress.com

      You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

      Gambar Twitter

      You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

      Foto Facebook

      You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

      Foto Google+

      You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

      Connecting to %s



    %d blogger menyukai ini: