Empowering Education

“Didiklah anakmu karena ia akan hidup di zaman yang bukan zamanmu” (Ali bin Abi Tholib)

Pendidikan

—Adalah proses “memanusiakan” manusia.
—Menjadi amanah bangsa :
1. Muqodimah UUD 1945
2. Pasal 31 UUD 1945 tentang Pendidikan
3.Pasal 3 UU no.20/2003 tentang Fungsi Pendidikan Nasional

JAUH SEBELUM ITU …
—Alah sudah menegaskan dalam Al Qur’an tetang kedudukan ILMU dalam Islam.
1)Misi Kekhalifahan ditunjang dengan Ilmu (QS. Al Baqarah 30-31)
2)Ilmu datang mendahului sebelum Iman (QS. Al Alaaq 1-5)
3)Semua Nabi dan Rasul dibekali ilmu/hikmah
4)Syarat mendapatkan kesuksesan dunia dan akhirat adalah dengan Ilmu
5)Allah mengangkat derajat orang yang berilmu
Tujuan Terbesar Pendidikan
Menjalankan amanah Allah di Bumi menjadi :
1. KHALIFAH berfungsi sebagai IMARAH dan RI’AYAH
(QS. Al Baqorah 2 : 30)
2. INDIVIDU berfungsi sebagai ABID
(QS. Ad Dzariyat 51 : 56)

PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM
1.Paradigma ‘ilmullah

2.Paradigma Holistik – Integralistik

Arah pendidikan adalah menjadikan manusia SEBENARNYA (sesuai dengan potensi dan kapasitas yang dimiliki) dan SEUTUHNYA (sesuai dengan fitrah dan norma)

Kesimpulan
“Barangsiapa yang dikehendaki Allah dengan kebaikan, maka Allah menjadikan ia pandai mengenai agama (dan Ia ilhamkan petunjukNya)” (HR. Muttafqun alaihi)
Ilmu menurut Ibn Khaldun (1332-1406)
—Menurutnya Ilmu dalam Islam mencirikan ilmu pengetahuan sebagai berikut :
1.Theosentrik (QS. Al Imran 60)
2.Monokotomik (QS. Al Ghasiyah 17-20)
(Agama adalah sumber Ilmu)
3.Ilmu tidak bebas nilai (QS. Ali Imran 190-191)

  1. analisa yang tajam, gambar skema ilmu di atas buat sendiri atau dapat dari mana?




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: