TIPS MEMILIH PARPOL

Banyaknya peserta pemilu 2009 membuat kita menjadi banyak pilihan untuk menyampaikan aspirasi kepada parpol yang saat ini tengah mengalami krisis kepercayaan dari masyarakat. Prilaku elite politik pasca pemilu kemarin terlebih yang sudah duduk di kursi dewan membuat masyarakat menilai mana yang layak. Demografis politik masayrakat Indonesia yang semakin certas mempuat pilihan tidak lagi emosional atau “mengekor” tokoh panutannya, masyarakat sudah mulai melihat figu-figur partai dan caleg yang ada memalui kebiasaan kesehariaanya.

Berikut ini adalah tips dari saya sebelum anda memilih partai politik :

  1. Yakinkan diri anda bahwa anda adalah anggota masyarakat yang terdidik, oleh karena itu pertimbangan yang digunakan adalah data.
  2. Sejak 1999 dan 2004 anda sudah menjalankan pemilu (bagi yang sudah tentunya) nah 2009 adalah saatnya anda mengevaluasi pilihan anda, untuk pemilih pemula di tahun ini, gunakan hak anda sebagai peserta pemilu sekaligus gunakan rasio anda untuk memilih. Sudah 5 tahun ini bahkan lebih anda sudah melihat kiprah parpol yang ada, mana yang menurut anda terbaik dan layak mewakili anda. Ingatlah sikap partai mereka adakah anggotanya yang terlibat korupsi? adakah yang terlibat kriminal? adakah yang terlibat asusila? adkah yang terlibat kejahatan moral? dll. Memang orang bisa berkata itu kan individu nya masing-masing jadi parpol dan yang lain tidak salah kan? memang benar, tapi coba anda perhatikan jika parpol yang memiliki anggotanya yang terlibat banyak kasus ingat BANYAK KASUS KEJAHATAN menurut saya sistem perekrutan dan pembinaan atau pengkaderan mereka tidak bagus. Itu fakta cerminan parpol itu sendiri, logikanya apakah anda perlu memakan seluruh sup untuk mengetahui bahwa sup itu asin? tentu tidak perlu kan! Jadi perlukah kita mengetahui seluruh anggotanya semuanya se-Indonesia untuk mengetahui jika sistem pengkaderan mereka tidak bagus? Bisa saja anda melihat KARAKTER PARPOL LEWAT PERILAKU KADER PARPOL ITU DI SEKITAR ANDA
  3. Gunakan Nurani anda. Rasio atau akal saja tidak cukup pelu andanya nurani sebab nurani itulah yang mengarahkan kita kemana pilihan yang terbaik orangnya, kenapa orang? sebab yang kita pilih itu wakil yang akan mewakili anda! untuk mewakili anda maka perlu orang yang baik. Logikanya bagaimana anda mengetahui tetangga anda baik orangnya dan tidak baik? dari kebiasaan sehari-harinya kan, apakah ia sopan, suak menolong, rajin beribadah, atau sikap lainya. Nah, begitu pula caleg atau parpol lihatlah kebiasaan mereka selama ini selama 5 tahun ini atau selama puluhan tahun ini, begitulah karakter mereka, begitu pula karakter parpol mereka. Jika ada yang suka preman maka seperti itulah ia, jika ada yang bringasan maka seperti itulah ia, atau jika ada yang santun maka seperti itulah ia, dll

Memang benar tidak ada orang yang sempurna tapi orang dapat berusaha yang menjadi lebih baik dan bergabung dengan komunitas yang baik Insya Allah akan baik pula.

Singkatnya pilih dengan akal dan nurani kita untuk keterwakilan suara anda, sebab bisa jadi suara anda diselewengkan. Kalau perlu Istikharoh dulu, sebab pilihan yang benar perlu untuk melibatkan Tuhan.


  1. jul

    pilih SBY oye….

  2. Semacam partai apa?

  1. 1 TIPS MEMILIH PARPOL « QODRAT | Bisnis Online

    […] Read the original here: TIPS MEMILIH PARPOL « QODRAT […]




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: