OUT BOND KREASI ALAM

Ketika kegiatan itu berjalan sesuai dengan rencana, betapa puas dan senangnya kita sebagai panitia. Namun, sebaliknya apabila ada sedikit atau banyak masalah yang menghadang sehingga menyebabkan kegiatan itu tidak berjalan dengan maksimal, betapa sedihnya kita sebagai panitia. Tapi, setiap masalah bukan berarti menyusahkan, kadang malah menjadi sesuatu yang menakjubkan.

Itulah yang terjadi pada out bond kami yang diadakan oleh SMP Al Hikmah dengan kemasan Life Skill 2 buat anak kelas IX di Pacet Mojokerto. Kegiatan ini untuk mempesiapkan mental anak untuk menhadapi tantangan-tantangan ujian hingga Ujian Nasional kelak. Out Bont kami, pada hari pertama berjalan dengan baik sesuai dengan planning, yaitu putra melakukan rapling (turun dengan tali) dan putri crossing (menyebrang dengan tali) di siang harinya, pada malamnya putri melakukan muhassabah sedang putra melaksanakan syukur journey. Masalah muncul ketika hari kedua siang, hujan lebat mulai muncul disertai dengan angin yang dapat merobohkan tenda. Ya, itulah yang terjadi tenda-tenda yang dipasang oleh siswa-siswi, beberapa ada yang tidak kuat sehingga roboh, air mengalir terus hingga menimbulakan banjir (becek) sehingga membuat mereka bertahan, sebab tidak ada intruksi untuk pindah.

Disinilah letak menakjubkannya, mereka bersama-sama kelomponya mempertahankan tenda beserta barang bawaannya secara instingtif, saya melihat kecerdasan, kepemimpinan, semangat, kebersamaan, toleransi, dan hal-hal positif lain dalam out bond terjadi disitu. Mereka benar-benar belajar dari Alam. Memang begitulah manusia, mereka berkembang akibat dari tekanan, tanpa tekanan manusia pasti tidak berkembang, sebab tidak berusaha menyelesaikan masalahnya itu.

pada malamnya kami akhirnyamemberikan hikmah semua kejadian siang hingga sore itu, mereka bahkan ada yang berkata “Ustadz,ini yang namanya life skill itu!”, ” Ustadz, kenangan ini tidak akan terlupakan, hebat!”, atau yang ini “ini yang namanya kegiatan keren!”.

Tidak ada TEKANAN YANG TIDAK MENGHASILKAN KENIKMATAN, TERGANTUNG BAGAIMANA MANUSIA ITU MEMANDANGNYA , memang ini bagian dari konsep diri. Bagi saya, Out bond kreasi alamlah yang paling menakjubkan!


  1. Assalamu’alaikum wr.wb
    Ga sengaja ane ketemu blog antum ketika ane cari tugas bahan psikologi penddidikan terus ada nama rizki n qodrat, curiga juga sih, ni qodrat siapa ya?ane cek lagi ternyata benar antum. wah luar biasa sekarang. gimana kbarnya?kalau ada waktu email ane di yasir_zak@yahoo.com.ok
    Wassalam.

  2. Assalamu’alaikum
    Temanku Yasir, lama tak jumpa ya… sekarang ant di mana? sering-sering kontak dong lewat blog atau email. OK

  3. hehey ustadz kodrat🙂 makasi uda mampir blog ku hehey .
    lifeskillnya asoii ustad tapi yang putri ga ada crta jurmalnyaa jadi kurang seru ,
    tapi keren banget🙂 hehehey asik seru ,
    tidur kayak tumpukan mayat ,😀
    tapi seru ..




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: