PEDOMAN PEMBINA OUT BOND

Pada dasarnya tugas pokok seorang pembina out bond adala pendampingan, maksudnya out bond dilaksanakan agar peserta sendiri yang menemukan insight (pemahaman) sendiri lewat kegiatan ini, selajutnya pembina hanya mengarahkan agar peserta dapat merasakan insight itu.

Oleh karena itu pembina harus benar-benar memahami bagaimana pedoman pembina agar kegiatan dapat berjalan lancar

A. Tahap Persiapan

1. Persiapan Logistik ; yaitu persiapan peralatan yang dibutuhkan untuk kegiatan ini. Peralatan ada 2 (dua) macam yaitu alat bagi peserta dan bagi pendamping. Jenis peralatan tentunnya sesuai dengan macam game yang akan dilakukan.

2. Persiapan mental Peserta ; ada kalanya peserta ada yang nervous, gugup, canggung untuk mengikuti out bond atau ada peserta yang kurang antusias dan malas maka perlu adanya breifing yang dapat menyakinkan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang penuh manfaat dan fun.

3. Pengklasifikasian Game ; sebagaiman yang sudah saya tulis sebelumnya ada berbagai macam jenis game yang dapat dikategorikan. Pengkategorian dapat bebas anda lakukan sesuai dengan kebuatuhan, biasanya kami membagi sesuai dengan tingkat keamanan dan muatannya

4. Persiapan keamanan ; keamanan adalah suatu yang penting. Anda bisa mengantisipasinya secara wajar. Biasanya kami mempertimbangkan keamanan medan/lokasi, resiko permaianan, dan sosial

5. Persiapan Dokumentasi ; ini menjadi suatu yang penting bukan saja bagi yang membutuhkan kenang-kenangan namun untuk evaluasi kedepan agar lebih baik

B. Tahap Pelaksanaan

Dalam pelaksanaan game ini perlu adanya penjelasan agar nantinya insight yang kita inginkan kepada peserta dapat kita raih. Penjelasan tidak perlu detail cukup dengan petunjuk pelaksanaan game, atau bagi yang ingin target lain bisa ditambahkan dengan deskripsi awal yang terkesan bombastis kepada peserta, misalnya : kita ingin membangun keberanian peserta, maka kita katakan mendannya sangat berbahaya dan hanya orang bernyalilah yang saanggup melewatinya.

C. Tahap Evaluasi

Lebih baik kegiatan ini mengevaluasi semua aspek pergame yang sudah dilakukan. Bandingkan dengan konsep awal yang telah direncanakan dengan kenyataanya. Dokumen anda akan lebih melengkapi untuk evaluasi kegiatan game lho! Kok bisa? Dengan melihat gambar langsung anda tahu apakah sesuai dengan foto itu yang sudah anda rencanakan bersama atau belum.

Terima kasih semoga ada manfaatnya




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: