Merencanakan Out Bond

Pada dasarnya untuk mengadakan kegiatan out bond diperlukan persiapan yang tingkat kerumitannya tergantung dengan jenis apa dari permaianan out bond yang akan dilakukan. Pasalnya, prinsip dasar kegiatan out bond adalah pendidikan, kegembiraan, dan keselamatan.

Saya yakin semua yang akan melakukan kegiatan out bond pasti memuat unsur pendidikan yang rekreatif atau menggembirakan. Namun, bagaimana dengan manajemen keselamatankegaitannya? Sekali lagi, saya tegaskan apapun kegiatannya jangan melupakan unsur keselamatan meskipun itu kegaitan yang bersifat menantang peserta seperti jelajah alam, raveling, susur sungai, dll. …..

Maka yang perlu dipersiapkan adalah :

  1. Sadari bahwa out bon ini adalah bagian dari pendidikan, dan pendidikan pasti mengedepankan keselamatan anak didik sebagai aset bangsa kelak. Bagaimana bisa didapat unsur edu-rekreatifnya jika ada salah satu peserta mengalami kesedihan? Dan siapa yang kelak mereka melakukan manfaat game apabila mengenangnya dengan buruk?
  2. Siapkan perelatan yang safety jika perlu konsultasikan dengan yang ahli. Biasanya game yang memputuhkan pertimbangan ini adalah game-game yang bersifat tantangan atau menguji mental. Semisal panjat tebing, raveling, meniti tali, susur sungai, dll semua memilikiunsur ketinggian dan tantangan alam. Untuk yang ahli biasanya pada game raveling, panjat tebing, dan sejenisnya sebab untuk game ini butuh alat-alat khusus yang biasanya dimiliki tim out bond yang berpengalaman.
  3. Jangan lupakan keamanan dari gangguan sosial. Terkadang medan yang sepi memancingorang yang tidak bertanggungjawab mengganggu acara anda.

Semoga ini bermanfaat, untuk lebih lanjutnya bisa menghubungi tim out bond terdekat di kota anda apabila memang memerlukannya. Biayanya tidak begitu mahal kok, tergantung tingkat kesulitan dan berapa jenis game yang anda lakukan. Biasanya di tempat-tempat wisata alam terdapat tim-tim ini anda bisa menanyakan ke dinas yang terkait.


  1. rahmat

    saya mau bertanya apa sih outbon itu saya mohon jawabannya
    atas jawabanya saya ucapkan banyak terima kasih




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: