BELAJAR ADALAH INSTING MANUSIA

Dua bidang studi ini yang dianggab sangat berpengaruh terhadap konsep diri anak, begitu kata para ahli pendidikan, bahasa sangat berperan dasar untuk membawa anak mengerti ilmu pengetahuan sebab dengan bahasa mereka diajari membaca dan menulis simbol-simbol ilmu pengetahuan yang tertuang dalam rangkaian huruf menjadi kata lalu kalimat. Dan dengan matematika, anak diajak untuk bernalar menyelesaikan masalah baik yang abstrak maupu kongkrit. Namun apakah itu saja yang bisa membuat anak menjadi pintar? Jawabannya tentu tidak!

            Paham dan Logis merupakan ikatan dasar untuk melahap ilmu pengetahuan. Namun tanpa motivasi untuk terus belajar manusia tidak akan dapat meraih kesuksesan hidup. Jauh sebelum Andreas Harefa mendengungkan manusia pembelajar sesungguhnya manusia pertama Adam juga belajar, coba bayangkan, sebagai satu-satunya manusia di bumi, Adam harus siap dengan situasi dan kondisi alam apapun untuk tetap survive. Nah, tanpa terus belajar memahami alam mustahil akan ada yang namanya manusia.

            Sebenarnya, belajar menurut saya adalah termasuk insting manusia. Lho kok bisa? Itu sih pendapat saya, sejak didalam rahim, manusia belajar untuk mengetahui lingkungan sekitarnya, buktinya janin dalam kandungan itu mengempot ibu jarinya dan menurut para ahli bisa mendengarkan apa yang terjadi di sekitarnya terutama ibunya.

Selanjutnya, balita akan terus belajar untuk bisa mengungkapkan keinginan lewat belajar menangis, berbicara, bermain-main barang. Siapakah yang mengajari anak untuk merangkak, berjalan, hingga berlari. Itu adalah innting manusia, manusia adalah seorang pembelajar sebab naluri dasarnya adalah belajar.

Tapi kenapa ketika manusia besar, belajar seakan-akan bukan lagi suatu yang isntingtif yaitu secara enteng saja untuk melakukan melainkan perlu adanya dorongan-dorongan lain yang kita kenal dengan motivasi. Sudahkan anda menemukan kembali insting anda?




    Berikan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: