MARHABAN YAA RAMADHAN

  “Allahumma baraknaa fii Rajab wa Sya’ban wa balighnaa Ramadhan” begitulah do’a Rosulullah tatkala menjelang bulan-bulan yang mendekati Ramadhan.

  Ramadhan bulan penuh hikmah, barakah, ampunan, rahmat, dll. Taukah anda bahwa Ramadhan juga dapat dikatakan bulan sosial. Ada beberapa alasan yang dapat menjadikan bulan ini bulan SOSIAL, diantaranya :

  1. Ditetapkannya bahwa berpuasa agar menjadi orang-orang yang bertaqwa.  Orang yang bertaqwa adalah muslim yang berusaha menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya (menurut Ali RA), dan diantara perintah dan larangan itu adalah nilai-nilai sosial.

  2. Dibulan puasa diwajibkan agar menjauhi perangai buruk yang dapat menyakitkan orang lain, apabila tidak ingin dikatakan oleh Nabi dengan puasa yang hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja.

  3. Di bulan puasa juga terdapat perintah untuk banyak melakukan infak dan shodaqoh. Seperti memberikan makan berbuka pada orang yang berpuasa adalah sama pahalanya dengan orang yang berpuasa.

  4. Selanjutnya diakhir Ramadhan diwajibkannya umat Islam untuk melakukan zakat fitrah yang jelas untuk fakir miskin.

  Dan masih banyak muatan sosial dari puasa itu.  Semoga rahmat dan barokah Insya Allah kita dapatkan, sekaligus menjadi momen untuk meningkatkan rasa sosial kita sebagai manusia.




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: