Konfrensi Kasus Bimbingan Konseling

  “Anak ini memiliki potensi yang baik secara kognitif, namun ia hanya mengalami kendala dengan penanganan emosi dan motorik halus khususnya menulis” kata seorang Psikolog Ubaya. Memang anak ini secara usia masih muda kira-kira 2 tahun yaitu 11 tahun di banding teman-temannya yang rata-rata 13 tahun, sehingga wajar apabila ia mengalami kesulitan bergaul dengan teman seangkatannya. Disamping itu kendala dalam memanajemen emosi membuat ia mudah untuk stres, akibatnya bingung, gugup, dan putus asa sering menjadi pilihan dirinya.

   Motorik halus khusunya menulis menjadi masalah serius anak yang mestinya sudah di selesaikan di usia SD. “Saya tidak mau bermain-main lagi dalam masalah ini, anak saya harus berhasi khusunya di UNAS nanti!” kata orang tua wali murid dengan serius terhadap masalah anaknya. “Bapak ibu, kita akan berusaha bersama membawa anak ini mencapai perkembangan yang optimal, dengan kerjasama yang harmonis antara sekolah, orang tua, dan psikolog, Insya Allah kita akan berhasil.”

  Alangkah indahnya apabila segitiga pendidikan inidapat berjalan baik khsusunya dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Pembagian segmentasi tugas memjadi akselerasi positif bagi tercapainya target. Bimbingan Konseling (BK) dari sekolah dapat mengambil peran untuk mengkoordinasi penanganan akademis yang melibatkan para guru, khususnya dalam hal ini adalah mengenai motorik dan Psikolog yang menjadi rujukan ahli. Orang tua dalam menjalankan pembiasaan  beavioristik positif dirumah yang sudah direkomendasikan psikolog dan sekolah. ]

  Mungkin inilah yang disebut Konfrensi Kasus oleh Bimbingan Konseling Sekolah yang melibatkan tokoh ahli. Dukungan manajemen sekolah khsusunya peiminan dan para guru agar memahami dengan benar tugas BK sekolah menjadi pondasi penting kesuksesan, sebab tanpa andil para guru tentu suatu kasus tidak akan maksimal.




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: