Terasa Asing

    Lingkungan kerja memiliki dinamika yang berbeda-beda. Tingkat perbedaan di masing-masing individu jelas memberi nusansa berbeda. Setiap ada aksi pasti ada reaksi, semisal intrik, iri, senang, gembira, kebersamaan, dan “kesewotan”.
Meskipun sistem perusahaan sudah membagi masing-masing job pada unit-unit kerja. Ternyata tak bisa dipungkiri, nuansa senioritas atau orang lama memberi hegemoni untuk “melemahkan” yang baru dalam upaya “memanfaatkan” tenaga untuk melepas tanggung jawab sistem bisa kita jumpai dalam dunia kerja.
Kadang tak jarang kita temui ungkapan sedikit kesal “Lha terus tugas Tim kamu apa? kok hanya kita saja yang dibrokno tugas macem-macem!.” Padalal kita yang baru ingin bekerja dengan keseriusan dalam lingkup ketenagan. Setelah sharing dengan rekan-rekan kerja baik yang “senior” dan “junior” maka dapa saya sampaikan setidaknya bagi pegawai baru yang harus disiapkan untuk menghadapi hal inidapat melakukan:

  1. Manfaatkan kesan pertama ; dengan melakukan perkenalan hangat kalau perlu sok akrab tapi jangan tampak sombong. Hindari gaya-gaya berlebihan tapi tetap pede.
  2. Identifikasi lingkungan kerja; lakukan kalsifikasi model rekan kerja anda. Adalah nyata bahwa karakter pribadi orang berbeda-beda, belajarlah dari orang lama yang anda percaya.
  3. Percaya Diri ; tunjukkan kesan mampu bahwa anda bisa, meski nanti anda perlu bantuan dalam melakukan tugas itu sebab itu mamsalah teknis.
  4. Jadilah manusia pembelajar. Hidup adalah belajar, kerja adalah belajar, memahami orang adalah belajar, bergaul adalah belajar. Bahkan sejak lahir hingga sekarang kita masih belajar mencari siapa saya yang sesungguhnya? Teruslah up grade diri anda

Semoga ini dapat membantu, berusalahah karena anda adalah manusia yang berhati, belajarlah karena anda adalah manusia berakal, dan bekerjasamalah karena kita adalah manusia sosial.




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: