PENILAIAN Ibarat PALU HAKIM

 Angka! Suatu term matematik yang sangat familier. Angka adalah suatu yang pasti, saklek, 2 ya 2, 7 ya 7 bukan 6 atau 9. Akan tetapi apa yang dapat dirasakan apabila angka itu adalah bentuk sebuah NILAI, bahkan nilai ujian anak anda 4 atau UNAS yang kontroversi kemarin seorang siswa mendapat angka 4,24, pasti anak itu tidak lulus sebab angka yang harus dicapai adalah minimal 4,25, namun berbeda apabila mendapat nilai Absolut seperti yang didapat salah satu siswa SMP I Surabaya mungkin yang terucap “Hore!!” atau yang relegius “Alhamdulillah!” dan kata or kalimat lainnya.

Atau yang lain “Rapor kerja anda menurut anda berkisar antara 4 – 5.” Tampak kejam memang, ibajat palu hakim terketuk. Tapi itulah angka apabila digabungkan dengan ruang-ruang human life.
Setidaknya saya menjumpai KEBAHAGIAN sebagai nilai positifnya dari angka ini yaitu kejelasan. Kita akan merasa mudah untuk mengevaluasi untuk mempersiapkan agar kedepan lebih berprestasi. Kita juga akan tahu seberapa kemampuan yang telah kita lakukan dinilai oleh orang lain. Kita juga tahu itulah usaha kita yang telah dilakukan.
Sebagai evaluasi, seyogyanya penilai memberikan tanda mana yang salah. Ibarat guru yang memberikan 10 soal dan mengembalikan jawaban beserta nilainya dengan mencoret mana saja yang salah.
Ingatlah Allah membebankan sesuatu sesuai dengan kadar kamampuan hamba-NYA. Ada lagi “orang-orang yang berfikir besar melatih diri untuk tidak hanya melihat kenyataan, akan tetapi juga kemungkinan-kemungkinan positif yang ada dalam kenyataan” hal. 93 terbitan Gunung Jati Jakarta setidaknya itu ungkapan Dr. DJ. Schwart dalam buku best seller “Berfikir dan berjiwa besar” Temukan nilai positif itu kawan!!!




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: