MENGHARGAI DIRI

Tatkala anda melakuakn perjalanan menuju kantor, sekolah, atau rekreasi, pernahkan anda menilai sesuatu yang anda lihat? Jawabnya tentu pernah. Mudah bukan menilai itu. “Wah itu cantik!, “Dia cakep!, “waduh keren,” dll atau anda tambahkan kata-kata “…tapi….”, “….iaya sih, namun…..”,”….Gimana ya…” dll atau komentar-komentar lainya. Apakah anda sadar bahwa orang lain terhadap diri anda juga dapat berbuat demikian?
D.J. Schwart dalam buku Berfikir dan Berjiwa Besar menulis bahwa penampilan anda menunjukkan sejauh mana anda menghargai diri anda. Anda tampil keren, beken, modis, dll mungkin itu tuntutan dan anda mau seperti itu menghargai anda. Jangan tersanjung dulu, beliau juga memberikan penegasan jadilah diri sendiri yang positif terhadap semua hal. Atau kalau boleh saya katakan, melakukan hal diatas itu boleh namun jangan jadikan obsesi yang dapat mengubur pikiran positif kita. Seperti memaksakan sesuatu yang tidak pantas, korban mode, tak sadar terhegemoni spirit kapitalisme, menjadi korban iklan, lminder dengan budaya sendiri, westernisasi budaya busuk, dll. Tidakkah kita sadar ?
Apakah dengan itu harga kita, dengan uang, pakaian, mobil, harta dll atau dengan kepintaran, ilmu pengetahuan, moral, kebaikan. Jauh sebelum itu ada kata-kata bijak dari Nabi Muhammad yaitu “malu sebagian dari iman” apabila ada bersyukurlah anda memiliki tanda-tanda keimanan. Kemudian beliau juga bersabda “jika kamu tidak merasa malu lakukanlah sebebasnya” itulah sindiran apabila dinilai sindirian dan spirit apabila dinilai spirit. Artinya letakkanlah malu pada tempatnya, kapan anda malu kapan anda bersikap benani dan PD.
Hargailah diri kita dengan rasa malu maka akan selamat, carilah definisi malu itu pada nuranimu, karena Tuhan sudah menegaskan bahwa fitrah manusia itu suci.


  1. ren

    thanks ya! slam knal dari qyu…..^_^




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: