KEAGUNGAN AKAL YANG TERBATAS

  Keberadaan alam yang disuguhkan kepada manusia untuk dipergunakan dengan sebaik-bainya dan dari situlah diketahui siapakah yang paling baik amal ibadahnya.

Benarkah alam ini gratis? ataukah Tuhan meminta timbal balik? Pertanyaan yang tampak nakal memang, tapi kenapa?

Apakah pertanyaan itu merupakan siratan kenaifan manusia saat menerima dengan PD-nya sebagai kholifah di Bumi? saya rasa ada benarnya. Tuhan tentu tidak akan meminta balasan atas apapun atas kita, tapi sesungguhnya manusialah yang sangat membutuhkan keberadaan Tuhan.

Di alam semesta ini manusia tidak sendiri, ada hewan, tumbuhan, planet, galaksi, malaikat bahkan jin. Ya, semua adalah makhluk Allah. Semua memiliki kewajiban sesuai dengan qodrat Allah. Dibalik kesanggupan menerima amanah bukan tanpa bekal apa-apa sebab itulah karakter manusia. Dibalik sifat s ombong, angkuh, naif atau sifat-sifat buruk lainnya. Manusia masih memiliki sifat-sifat baik dan modal penting yang pasti Allah sudah siapkan untuk menghadapi sunatullah alam.

Sifat baik dan buruk akan senantiasa mewarnai perilaku manusia tetapi modal penting inilah yang menjadi jembatan dan mengeluarkan action dari niatan baik ataupun buruk yaitu akal pikiran.

Teryanta keagungan akan ada batasnya, Allah memberikan Rosul untuk memberikan tuntutan mengarungi kehidupan di alam semesta sesuai kehendak Allah agar menikmati kegembiraan bermakna di dunia dan akhirat




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: